25 Juni 2024

Tentang Indikator Rapor Pendidikan di Pengelolaan Kinerja

Guru memulai Pengelolaan Kinerja dengan menyusun Perencanaan Kinerja sebagai langkah awal. Pada tahap ini,  Guru melakukan pemilihan indikator Praktik Kinerja / Praktik Pembelajaran yang relevan untuk menjadi fokus peningkatan kinerja. Pemilihan indikator ini dapat merujuk pada rekomendasi Indikator yang direkomendasikan melalui Rapor Pendidikan di Satuan pendidikan, mencakup aspek-aspek kritis dari proses pembelajaran.

Guru juga memiliki fleksibilitas untuk memilih indikator lainnya yang sesuai dengan konteks dan kebutuhan spesifik satuan pendidikan. Keseluruhan, keterkaitan antara Indikator Rapor Pendidikan dan Pengelolaan Kinerja membantu membimbing Guru dalam merencanakan strategi peningkatan kinerja yang efektif.

New Kinerja Utama.png

Apabila Guru memilih Indikator yang direkomendasikan berdasarkan Rapor Pendidikan, Guru akan diberikan Indikator D1 Kualitas Pembelajaran dalam Rapor Pendidikan. Sementara itu, jika Kepala Sekolah memilih indikator yang direkomendasikan berdasarkan Rapor Pendidikan, Kepala Sekolah akan diberikan Indikator D3 Kepemimpinan Pembelajaran dalam Rapor Pendidikan.

Indikator D1 Kualitas Pembelajaran memiliki 8 turunan Sub Indikator dalam Praktik Kinerja / Praktik Pembelajaran, mulai dari Keteraturan Suasana Kelas hingga Instruksi Pembelajaran. Guru hanya dapat memilih satu sub indikator yang akan ditingkatkan melalui Siklus Peningkatan Kinerja. Pilihan indikator dapat diubah sesuai dengan prioritas pendidikan nasional.

Screenshot 2023-12-17 131049.png

Indikator D3 Kepemimpinan Pembelajaran memiliki 8 turunan Sub Indikator dalam Praktik Kinerja / Praktik Pembelajaran, mulai dari Memandu Perencanaan Pembelajaran hingga Refleksi Program Pengembangan Kompetensi Guru. Kepala Sekolah hanya dapat memilih satu sub indikator yang akan ditingkatkan melalui Siklus Penglolaan Kinerja. Pilihan indikator dapat diubah sesuai dengan prioritas pendidikan nasional.

Screenshot 2023-12-17 131113.png

Apa itu Dimensi Prioritas ?

Indikator D1 Kualitas Pembelajaran memiliki pasangan Indikator Akar Masalah atau pada tampilan di bawah adalah Dimensi Prioritas. Dimensi Prioritas ini mencakup faktor-faktor yang dapat mempengaruhi hasil capaian dari Indikator Prioritas tersebut. Guru dapat merujuk pada informasi di bawah ini untuk memahami lebih lanjut tentang Indikator Akar Masalah atau Dimensi Prioritas, mulai dari Manajemen Kelas hingga Metode Pembelajaran.

Pop up rapor.png

Jika terdapat hasil yang kurang memuaskan pada lebih dari satu Dimensi Prioritas, Guru akan menerima rekomendasi Indikator yang berasal dari Rapor Pendidikan. Rekomendasi ini dirancang untuk memberikan panduan yang lebih spesifik dalam merinci aspek-aspek yang perlu diperbaiki dalam setiap Dimensi Prioritas.

Dengan adanya rekomendasi ini, Guru dapat lebih mudah mengidentifikasi area-area yang memerlukan perhatian khusus dan merancang strategi perbaikan yang lebih terfokus untuk meningkatkan kualitas pembelajaran secara menyeluruh.

New Kinerja Utama.png

Pengguna yang dapat mengakses halaman Pengelolaan Kinerja adalah Guru dan Kepala Sekolah yang telah memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  • Guru dan Kepala Sekolah ASN (PNS dan PPPK) di bawah naungan Pemerintah Daerah dan sudah menggunakan platform e-Kinerja serta termasuk dengan Jenis PTK (Jenis GTK) berikut :
    • GURU MAPEL
    • GURU KELAS
    • GURU BK
    • GURU PENGGANTI
    • GURU TIK
    • GURU PENDAMPING
    • GURU PENDAMPING KHUSUS
    • GURU PEMBIMBING KHUSUS
    • PLAY GROUP TEACHER
    • KINDERGARTEN TEACHER
    • KEPALA SEKOLAH
  • Guru dan Kepala Sekolah  non-ASN di bawah naungan Pemerintah daerah tetap dianjurkan untuk menggunakan Pengelolaan Kinerja di platform Merdeka Mengajar’

Tidak ada akses - Guru nonASN, bukan guru.png

Jika Anda tidak memenuhi persyaratan untuk menggunakan Pengelolaan Kinerja karena Jenis PTK (Jenis GTK) berbeda seperti tampilan diatas, Anda dapat melakukan perubahan Jenis PTK (Jenis GTK) dengan menghubungi Operator Sekolah untuk pembaruan data diri di Dapodik. Setelah melakukan pembaruan data, Anda masih mengalami kendala serupa, Anda dapat mengikuti panduan berikut:

  1. Pastikan perangkat Anda terhubung ke internet dengan koneksi yang stabil. Coba muat ulang halaman atau tutup dan buka kembali browser / ponsel Anda untuk memastikan tidak ada masalah koneksi.
  2. Pastikan Anda melakukan login ke platform Merdeka Mengajar menggunakan Akun belajar.id
  3. Jika Anda mengakses melalui aplikasi Merdeka Mengajar di Android, pastikan minimal versi aplikasi adalah 1.47
  4. Untuk melihat informasi versi aplikasi yang digunakan, silakan buka menu Pengaturan seperti pada gambar di bawah ini.

WhatsApp Image 2023-12-19 at 09.51.44_83768161.jpg

  • Hapus riwayat internet browser atau cache pada aplikasi Merdeka Mengajar Anda

Jika Anda masih mengalami kendala setelah melakukan langkah-langkah di atas, silakan klik tombol “Pusat Bantuan” yang ada di kanan bawah halaman ini dengan menyertakan informasi berikut:

  • Infokan email belajar.id yang digunakan untuk mengakses Pengelolaan Kinerja
  • Lampirkan bukti Versi Aplikasi PMM yang digunakan atau apabila Anda menggunakan browser, bisa infokan browser yang digunakan
  • Lampirkan bukti Screenshot notifikasi error yang muncul pada saat mengakses halaman Pengelolaan Kinerja
  • Lampirkan bukti Screenshot Halaman Dapodik pada bagian Jenis PTK (Jenis GTK)
  • Lampirkan bukti Screenshot Halaman Dapodik pada Status Kepegawaian

Selanjutnya, tim kami akan memeriksa data Anda dalam kurun waktu 8 jam kerja. Sebagai contoh: Jika laporan Anda kami terima pada hari Senin pukul 09:00, maka kami akan kembali dengan respons hasil pengecekan kendala pada Senin pukul 17:00.

Namun, apabila Anda mengirimkan laporan pada Jumat pukul 16:00, maka respons hasil pengecekan kami baru dapat diberikan pada Senin berikutnya pukul 14:00 karena pada Sabtu dan Minggu tim kami tidak beroperasi. Silakan tunggu respons kami melalui email.

About The Author

Tinggalkan Balasan

Follow by Email
YouTube
Instagram
Tiktok